Langsing dan sehat dengan Cara Eat Clean

Eat Clean atau eating clean atau ada juga yang menyebutnya clean eating mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, namun banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan eat clean tersebut? Apakah baik untuk dilakukan dan adakah bahaya sebagai dampak yang ditimbulkan?

Jika pertanyaan itu masih timbul di benak anda, mari simak ulasan berikut dan mengenal lebih jauh tentangnya.

Apa itu eat clean dan apa manfaatnya?

Sebenarnya eat clean bukanlah diet namun penerapan pola makan menjadi gaya hidup. Eat clean merupakan skill dasar makan dengan pintar dan makan dengan benar (sehat). Dari banyak sumber yang saya baca, eat clean diyakini mampu menurunkan berat badan , meningkatkan metabolisme dan penggunaan energi, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit dan rambut lebih sehat, serta meningkatkan kesehatan psikologis.

Mengapa harus eat clean?

Makan dengan benar(sehat) adalah kemampuan dasar hidup yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Bukan karena tren, tapi karena peranannya yang besar terhadap kesehatan dan kualitas hidup kita. Bila dipelajari dan dibiasakan dari kecil, kemampuan ini akan memberikan kebaikan di hari tua. Prinsip-prinsip eat celan mengajarkan kita dan memberikan panduan untuk bisa makan dengan benar, memilih makanan yang baik untuk kesehatan dan membiasakan diri makan dengan cara yang sehat.

Bagaimana cara melakukan eat clean?

  1. Memilih makanan dari bahan segar untuk dikonsumsi

Prinsip dasarnya adalah mengonsumsi makanan yang melalui cara  masak yang baik, sebisa mungkin tanpa melalui proses yang lama. Misalnya pemanggangan, pengukusan atau perebusan dengan api kecil. Selain itu tidak mengonsumsi makanan dalam kemasan dan semua makanan berpengawet harus dihindari.

Suatu survey  membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi makanan segar mengeluarkan  kalori lebih banyak untuk mencerna makanan yang masuk dibandingkan orang yang mengonsumsi makanan olahan. Hal ini tentunya dapat menghindarkan seseorang dari obesitas dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kalori dan lemak dalam tubuh.

 

  1. Memperbanyak konsumsi serat

Tingkatkan konsumsi serat dalam satu hari dengan perbanyak makan sayur dan buah.

 

  1. Tetap memperhatikan asupan protein

Konsumsi protein paling banyak dari ikan, putih telur, ayam dan daging tanpa lemak

 

  1. Memilih karbohidrat kompleks sebagai sumber makanan pokok

Dianjurkan untuk mengkonsumsi kalori yang relative sedikit sekitar 1200-1800 kalori. Hal ini ditujukan untuk menurunkan berat badan.  Oleh karena itu, karbohidarat kompleks sangat disarankan  seperti roti gandum, nasi merah, nasi coklat, dan sebagainya.

 

  1. Membaca nilai gizi pada setiap makanan

Clean eating sangat membatasi konsumsi gula dan natrium. Batas natrium yang boleh dikonsumsi dalam satu hari adalah 2300 mg natrium, sedangkan pada makanan olahan berkemasan kandungan natriumnya bisa melebihi batas yang telah ditentukan.

 

  1. Mengatur porsi dan waktu makanan

Mengkonsumsi makanan porsi kecil namun sering dapat menghindari rasa lapar karena proses mencerna makanan terus dilakukan oleh tubuh. Dalam sehari disarankan makan 5-6 porsi kecil untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.

 

  1. Minum air mineral yang cukup

Dianjurkan untuk minum air mineral sebanyak 2 sampai 3 liter dalam sehari atau setara 8 sampai 13 gelas. Mengonsumsi air mineral dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, serta dengan menghindari minuman yang berkalori dapat memudahkan dalam menurunkan berat badan.

 

Apasaja makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang melakukan eat clean?

Semua makanan proses, termasuk protein proses, susu sapi, keju, serta yougurt proses yang terbuat dari susu sapi, makanan cepat saji, gula (apapun bentuknya serta makan dan minuman manis), nasi putih dan makanan yang terbuat dari tepung proses seperti pasta, mi, bihun, roti putih, roti gandum), jus buah dan minuman dalam kemasan, minuman beralkolhol.

 

Amankah bila clean eating dijadikan gaya hidup?

Jika diteliti sebenarnya prinsip eat clean sama dengan prinsip gizi seimbang yang dianjurkan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia. Mengatur porsi dan waktu makan, menghindari makanan olahan yang berkalori tinggi, mengurangi gula dan garam, mengkonsumsi banyak serat dan cukup air yang dianjurkan dalam prinsip clean eating  juga termasuk dalam pedoman gizi seimbang. Oleh karena itu pola clean eating ini tentu aman untuk diterapkan sampai seterusnya.

ameliamuriza

full time mother and wife | part time dentist

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *