berat badan (BB) turun 12 kg tanpa olah raga.

Seperti kebanyakan kaum wanita pada umumnya, memiliki tubuh ideal adalah goal tersendiri yang sangat ingin dicapai. Apalagi bagi wanita yang sudah menikah dan memiliki anak, perubahan bentuk tubuh kerap kali menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu kesehatan baik fisik maupun psikis.

Dalam artikel ini saya menulis bukan karena sudah ahli tapi hanya berdasarkan pengalaman dari apa yang saya jalankan selama setahun terakhir. Baik kehamilan yang pertama maupun yang ke dua saya selalu mengalami kenaikan berat badan lebih dari 20kg dari sebelum hamil. Bisa dibayangkan bagaimana perubahan yang terjadi pada saya.

Setelah selesai memberikan ASI eksklusif, tepat diumur 6 bulan anak kedua, saya bertekad untuk menurunkan berat badan. Sejak saat itu saya mulai mengukur berat dan tinggi badan serta mencocokkannya dengan table BB dan TB ideal. Untuk ukuran saya yang tingginya tidak sampai 150 M, dapat dikatakan ideal jika BB sekitar 45-47 kg sementara BB saya pada saat itu sampai 59kg.

Kondisi pada saat itu saya masih harus menyusui sampai anak saya berumur 2 tahun, membuat saya berfikir bagaimana caranya agar bisa diet namun tidak mengurangi asupan nutrisi terutama untuk bayi saya. Setelah mempelajari berbagai metode akhirnya saya memilih untuk melakukan diet karbohidrat dan dilanjutkan dengan eat clean. Alhamdulillah dalam waktu 3 bulan hasil terlihat signifikan dan sampai bulan ke 6 berhasil turun 12 kg sampai ke angka 47.

fokus ke pipi ya :’D

Lalu banyak yang bertanya, Apa motivasi saya hingga bisa menjalankan diet? Bagaimana caranya? Dan menu apa saja yang saya konsumsi selama proses menurunkan berat badan? Dalam tulisan ini saya akan sharing pengalaman yang saya lakukan selama 1 tahun ini hingga mencapai BB ideal.

 

Poin pertama…

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan diet?

  1. Tekad/motivasi

Buatlah goals/pencapaian yang ingin anda tuju. Misalnya Berat badan yang ideal pasti akan berpengaruh pada performa yang langsung mempengaruhi kepercayaan diri, atau dengan BB ideal anda akan lebih mudah dalam beraktivitas dan tidak gampang lelah. Sediakan timbangan di rumah dan timbang lah setiap hari.

 

  1. Pelajari aturannya

Penerapan pola makan sehat sudah tentu butuh ilmu agar semua yang dilaksanakan berjalan dalam koridor yang benar dan tentu akan mempengaruhi hasilnya.

 

  1. Langsung terapkan / jangan tunda

Setelah dapat ilmunya, langsung diterapkan. Menunda-nunda berarti memperlambat hasil. Bahkan yang banyak terjadi malah tidak jadi dilakukan karena semangatnya sudah hilang.

 

Poin kedua…

Bagaimana cara dietnya?

Saat menjalani diet, saya menjalani 3 fase.

  1. Fase ekstrim, saatnya focus ke bb dan melupakan makan, makan untuk hidup,

yaitu Selama 1-2 minggu pertama saya hanya mengkonsumsi pisang, sehari 7-8 pisang dan minum air mineral minimal 8 gelas tanpa makanan lain dan ini berhasil menurunkan berat badan sampai 5-7 kg.

  1. Fase pangkas habis karbo

saya mulai mengkonsumsi protein, sayur dan buah lainnya namun tetap menghindari karbohidrat apapun selama 3 bulan hingga total penurunan BB sampai 9kg. protein dan sayur yang saya konsumsi tidak mengalami proses pengolahan yang panjang, hanya dikukus selama 30menit dan tanpa menggunakan garam atau gula.  Begitu terus sampai BB ideal.

  1. Fase Eating Clean

Mencoba menerapkan pola makan sehat dengan memilih bahan makanan dan cara pengolahan yang benar. Dalam fase ini saya sudah mulai ke tahapan menjaga BB agar tetap ideal. Mulai makan karbo lagi namun dalam jumlah terbatas, mulai menggunakan gula dan garam dalam jumlah sedikit.

 

Poin ketiga…

Apa saja menunya?

Dalam keluarga untuk saat ini hanya saya yang menerapkan pola makan eat clean, sedangkan anak dan suami masih  dalam proses penyesuaian perlahan. Mau tidak mau saya harus menyiapkan menu yang berbeda untuk saya sendiri. Sebisa mungkin saya memotivasi diri untuk masak terpisah dan mengkondisikannya agar lebih simple sehingga saya tidak merasa repot, dengan begitu eat clean bisa dijalankan. Biasanya bahan masakan sudah saya persiapkan untuk satu minggu dan sudah praktis ketika saya ingin masak.

Jika anda sudah membaca postingan saya sebelumnya tentang prinsip eat clean, tentu sudah terjawab makanan apa saja yang dianjurkan saat sedang eating clean. Namun saya akan coba sharing contoh berbagai menu eat clean yang saya dapat dari buku panduan eating clean mba Inge Tumewa (penggerak pola makan sehat). Contoh dibagi menjadi 3 waktu dalam sehari selama 7 hari, baca selangkapnya di artikel saya lainnya.

 

ameliamuriza

full time mother and wife | part time dentist

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *